ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATA KULIAH MICRO TEACHING PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UPMS
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v20i1.193Abstract
Mata kuliah Micro Teaching merupakan mata kuliah wajib/ keprodian yang wajib ditempuh mahasiswa. Adapun untuk membiasakan para calon guru menerapkan setiap jenis keterampilan dasar mengajar secara profesional, sulit dikontrol dengan baik jika dilakukan melalui proses latihan atau kegiatan praktek mangajar secara langsung dalam kelas yang sebenarnya. Keterampilan dasar yang diterapkan dalam mata kuliah Micro Teaching ada 8 (delapan) antara lain: (1) Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran , (2) Keterampilan Menjelaskan, (3) Keterampilan Mengadakan Variasi, (4) Keterampilan Memberikan Penguatan, (5) Keterampilan bertanya , (6) Keterampilan Mengelola Kelas, (7) Kemampuan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan, dan (8) Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil (Barnawi dan Arifin, 2016). Keterampilan dasar yang diterapkan dalam mata kuliah Micro Teaching berbasis Project Based Learning (PjBL). Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan menganalisis keterampilan dasar mengajar mahasiswa berbasis PjBl menggunakan video dan wawancara. Subjek yang digunakan 4 (empat) mahasiswa diambil dari 2 (dua) IPK tertinggi dan 2 (dua) IPK terendah. Hasil dari analisis video keempat subjek tersebut 3 (tiga) subjek memenuhi 8 (delapan) keterampilan dasar mengajar dan menerapkannya dalam praktik Micro Teaching. Dan 1 (satu) subjek memenuhi 7(tujuh) keterampilan dasar mengajar.
Downloads
References
Asril, Zainal. (2015). MicroTeaching. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Barnawi dan Arifin, M. (2020). Micro Teaching: Teori dan Pengajaran yang Efektif dan Kreatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Fathurrohman, M. (2016). Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.
Maisaroh.(2023). Implementasi project based learning dalam meningkatkan ketrampilan digital siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (1), 218-223.
Sadikin, Ali, Yelianti, Upik. (2021). Inovasi Pembelajaran Mata Kuliah Pembelajaran Mikro Berbasis Model PjBL (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 07 (3), 195-204
Saefudin, A & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Roskadarya.
Sipayung, Regina dkk. (2024). Implementasi Model PJBL (Project Based Learning) Mata Kuliah Microteaching Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru SD. Journal on Education, 07 (1),2329-2334
___________. 2025. Panduan Micro Teaching Untuk Dosen, Mahasiswa dan Crew. Nganjuk: Universitas PGRI Mpu Sindok
https://www.ruangkerja.id/blog/project-based-learning-adalah (2024)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 agustin patmaningrum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0