ANALISIS KESALAHAN PADA PEMODELAN DAN PEMBUKTIAN TRICK HITUNG CEPAT PERKALIAN DENGAN INDUKSI MATEMATIKA BERDASARKAN KRITERIA WATSON

Authors

  • Reza Dimas Pravangasta Perdana

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v20i1.557

Abstract

Latar Belakang: Pemahaman konseptual dalam matematika sangat penting dalam menguasai trik hitung cepat. Namun, mahasiswa sering mengandalkan prosedur mekanis tanpa memahami dasar pembuktian, yang menyebabkan kesalahan analitis. Penelitian kualitatif ini bertujuan mengidentifikasi jenis kesalahan dan penyebab kesulitan mahasiswa dalam memodelkan dan membuktikan trik hitung cepat. Data diperoleh dari soal tertulis, wawancara, dan analisis tugas mahasiswa semester IV Pendidikan Matematika Universitas PGRI Mpu Sindok. Menggunakan kriteria kesalahan Watson, ditemukan bahwa kesalahan yang paling sering terjadi adalah Inappropriate Procedure, Omitted Conclusion, dan Above Other. Sementara kesalahan Response Level Conflict jarang muncul. Penyebab utama meliputi ketidaktahuan terhadap rumus yang digunakan, kurangnya pengalaman dalam pembuktian, dan anggapan bahwa pembuktian itu sulit. Hasil ini mendukung temuan sebelumnya bahwa penggunaan trik tanpa pemahaman konsep dapat menghambat penalaran. Penelitian ini merekomendasikan pembelajaran berbasis pemahaman konseptual dan latihan pembuktian yang sistematis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariningtyas, P., Subanji, S., & Parta, I. N. (2021). Analisis Pemahaman Operasi Bentuk Aljabar Siswa SMP Berdasarkan Level Kecerdasan Emosional. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2499–2509. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.891

Fitriani, D., Halini, & Suratman, D. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pembuktian Pernyataan Matematika Menggunakan Induksi Matematika Di Sekolah Menengah Atas. FKIP Untan Pontianak.

Huda, A., Isnarto, & Erwina, L. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Induktif Kelas XII SMA N 7 Semarang pada Materi Induksi Matematika Melalui Pembelajaran Model TAI. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 12–17.

Hurrell, D. (2021). Conceptual Knowledge OR Procedural Knowledge or Conceptual Knowledge AND Procedural Knowledge: Why the Conjunction is Important to Teachers. Australian Journal of Teacher Education, 46(2), 57–71. https://doi.org/10.14221/ajte.2021v46n2.4

Irfan, M. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Kecemasan Belajar Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 143–149. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.8779

Kho, R., Solihati, T., & Lumbantobing, H. (2024). The impact of problem-based learning on motivation and mathematics outcome for sixth-grade students. Journal of Honai Math, 7(3), 363–378. https://doi.org/10.30862/jhm.v7i3.693

Kumalasari, D. A., Noviani, A. S., Rahmawati, P. M., Hamidah, D., Hitung, O., Bulat, B., & Realistik, P. M. (2023). Pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat melalui pendekatan pmri pada siswa smp. 10(4), 160–169.

Kurniawan, R. I., Rosjanuardi, R., & Albania, I. N. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Induksi Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3777. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6106

Melisa Febriani, Dinda Aulia, & Arlina Arlina. (2024). Strategi Mahasiswa dalam Menyelesaikan Tugas Perkuliahaan di Jurusan Bimbingan Konseling Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Jupendis), 2(4), 19–28. https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i4.2108

Mubarokah, I., & Nusantara, T. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memodelkan Matematika Program Linear. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 11(2), 2599–2600. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPM/article/view/24716

Ningsih, F., Sudia, M., & Jafar, J. (2020). Profil Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika (Journal of Mathematics Thinking Learning), 5(1), 13. https://doi.org/10.33772/jpbm.v5i1.12878

Oktavianingsih C, O. C., A, M., & I, W. (2019). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Berdasarkan Kategori Watson. Gema Wiralodra, 10(2), 254–263. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v10i2.81

Permatasari, A. cahyani, Sari, J. A., Winanda, T., Saputra, R. I., Silvi, Annisa, P., & Fitriani, E. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 421–423. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.845

Sholihah, W. (2024). Analisis Hambatan Belajar Pada Pembuktian Induksi Matematika Dalam Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 157–167. https://doi.org/10.31316/jderivat.v10i2.6225

Sundari, S., & Wulantina, E. (2022). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 3(2), 147. https://doi.org/10.32332/linear.v3i2.4858

Unaenah, E., Syariah, E. N., Mahromiyati, M., Nurkamilah, S., Novyanti, A., & Nupus, F. S. (2020). Analisis Pemahaman Siswa Dalam Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Bulat Menggunakan Garis Bilangan. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 296–310. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Usqo, U., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Watson’s Error Category dan Perbedaan Gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 505–518. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1099

Downloads

Published

2025-04-28

How to Cite

Perdana, R. D. P. (2025). ANALISIS KESALAHAN PADA PEMODELAN DAN PEMBUKTIAN TRICK HITUNG CEPAT PERKALIAN DENGAN INDUKSI MATEMATIKA BERDASARKAN KRITERIA WATSON. Dharma Pendidikan, 20(1), 86–99. https://doi.org/10.69866/dp.v20i1.557

Most read articles by the same author(s)