ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATA KULIAH MICRO TEACHING PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UPMS

Authors

  • Agustin patmaningrum
  • Sherly Mayfana Panglipur yekti Universitas PGRI Mpu Sindok
  • Addin Zuhrotul Aini Universitas PGRI Mpu Sindok
  • Erdyna Dwi Etika Universitas PGRI Mpu Sindok
  • Reza Dhimas Pravangasta Perdana Universitas PGRI Mpu Sindok

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v20i1.193

Abstract

Mata kuliah Micro Teaching merupakan mata kuliah wajib/ keprodian yang wajib ditempuh mahasiswa. Adapun untuk membiasakan para calon guru menerapkan setiap jenis keterampilan dasar mengajar secara profesional, sulit dikontrol dengan baik jika dilakukan melalui proses latihan atau kegiatan praktek mangajar secara langsung dalam kelas yang sebenarnya. Keterampilan dasar yang diterapkan dalam mata kuliah Micro Teaching ada 8 (delapan) antara lain: (1) Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran , (2) Keterampilan Menjelaskan, (3) Keterampilan Mengadakan Variasi, (4) Keterampilan Memberikan Penguatan, (5) Keterampilan bertanya , (6) Keterampilan Mengelola Kelas, (7) Kemampuan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan, dan (8) Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil  (Barnawi dan Arifin, 2016). Keterampilan dasar yang diterapkan dalam mata kuliah Micro Teaching berbasis Project Based Learning (PjBL). Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan menganalisis keterampilan dasar mengajar mahasiswa berbasis PjBl menggunakan video dan wawancara. Subjek yang digunakan 4 (empat) mahasiswa diambil dari 2 (dua) IPK tertinggi dan 2 (dua) IPK terendah. Hasil dari analisis video keempat subjek tersebut 3 (tiga) subjek memenuhi 8 (delapan) keterampilan dasar mengajar dan menerapkannya dalam praktik Micro Teaching. Dan 1 (satu) subjek memenuhi 7(tujuh) keterampilan dasar mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asril, Zainal. (2015). MicroTeaching. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Barnawi dan Arifin, M. (2020). Micro Teaching: Teori dan Pengajaran yang Efektif dan Kreatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Fathurrohman, M. (2016). Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.

Maisaroh.(2023). Implementasi project based learning dalam meningkatkan ketrampilan digital siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (1), 218-223.

Sadikin, Ali, Yelianti, Upik. (2021). Inovasi Pembelajaran Mata Kuliah Pembelajaran Mikro Berbasis Model PjBL (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 07 (3), 195-204

Saefudin, A & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Roskadarya.

Sipayung, Regina dkk. (2024). Implementasi Model PJBL (Project Based Learning) Mata Kuliah Microteaching Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru SD. Journal on Education, 07 (1),2329-2334

___________. 2025. Panduan Micro Teaching Untuk Dosen, Mahasiswa dan Crew. Nganjuk: Universitas PGRI Mpu Sindok

https://www.ruangkerja.id/blog/project-based-learning-adalah (2024)

Downloads

Published

2025-04-28

How to Cite

patmaningrum, A., yekti, S. M. P., Aini, A. Z., Etika, E. D., & Perdana, R. D. P. (2025). ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATA KULIAH MICRO TEACHING PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UPMS. Dharma Pendidikan, 20(1), 69–77. https://doi.org/10.69866/dp.v20i1.193

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>