IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA SMARTBOX UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA

Authors

  • Rany Widya Ulfaningrum Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Jatmiko Jatmiko Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dwi Puji Lestari SDN Pojok 1

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v20i1.550

Abstract

Metode pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan berpusat pada guru (teacher-centered) serta pemberian tugas rutin tanpa variasi menjadikan peserta didik pasif saat mengikuti proses pembelajaran. Hal tersebut berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik serta untuk mengidentifikasi perubahan aktivitas dan keterlibatan peserta didik kelas 3 SDN Pojok 1 mata pelajaran Pendidikan Pancasila setelah diterapkannya model problem based learning menggunakan media smartbox. Subjek penelitian ini adalah kelas 3 SDN Pojok 1 yang berjumlah 23 anak. Penelitian ini mengacu pada Model Spiral dari Kemmis dan Taggart. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan presentase hasil belajar peserta didik siklus I yaitu 65,2%. Hasil belajar pada siklus II persentase ketuntasan peserta didik soal meningkat menjadi 100%. Sedangkan hasil aktivitas dan keterlibatan peserta didik siklus I diperoleh persentase di bawah 50%, sedangkan siklus II mengalami peningkatan mencapai 70%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model PBL pada siklus II berhasil memberikan dampak positif terhadap hasil belajar dan aktivitas serta keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, S., & Yusnaldi, E. (2024). Pengembangan Media Smart box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Kependidikan, 13(3), 3077–3086.

Aprilia, S., R, Z., & Fitriawan, D. (2022). Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal AlphaEuclidEdu, 3(1), 100. https://doi.org/10.26418/ja.v3i1.52776

Arip, M., & Aswat, H. (2021). Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 261–268. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.329

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Cahyanti, W., Damayanti, A. T., Wigati, T., & Suyoto, S. (2024). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas V. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 223–229. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.467

Darwisa. (2021). URGENSI PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET PENDAHULUAN Matematika merupakan ilmu yang mendasari perkembangan teknologi modern . Selain itu , matematika merupakan sarana berpikir dalam menentukan sekaligus mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi , mempuny. 2(1), 46–59.

Elsa Nabila Mustofa, & Hindun Hindun. (2023). Perbandingan Teacher Center Learning Dan Student Center Learninng Dalam Sebuah Perbelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 4(1), 58–67. https://doi.org/10.55606/jupensi.v4i1.3107

Kirana, D., Primadani, D. A. L., Widodo, S. T., Wahyuni, N. I., & Kondang, E. V. (2024). PENERAPAN MODEL PBL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN DI SD PANCASILA Universitas Negeri Semarang , 5 SD Pancasila. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 11(2), 98–106.

Oktavia, J., Zahra, V., Hanifah, N., & Nugraha, R. G. (2024). Penerapan Media Smart Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Kelas IV SD Materi Hak dan Kewajiban. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 545–554. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/425/293

Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379–388. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.362

Putri, F. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbasis TPACK dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(2), 1811–1822. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i2.954

Setiawan, T., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Monigir, N. N. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9736–9744. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4161

Shoimah, R. N. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Konkrit Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Dan Pemahaman Konsep Pecahan Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas Iii Mi Ma’Arif Nu Sukodadi-Lamongan. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.52166/mida.v3i1.1836

Winarsih, W. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Vektor Menggunakan Model Problem Based Learning Siswa Kelas X Mia Sman 1 Balai Riam Tahun Pelajaran 2021/2022. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 64. https://doi.org/10.52947/meretas.v9i1.284

Yandi, A., Nathania Kani Putri, A., & Syaza Kani Putri, Y. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14

Downloads

Published

2025-04-28

How to Cite

Ulfaningrum, R. W., Jatmiko, J., & Lestari, D. P. (2025). IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA SMARTBOX UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA. Dharma Pendidikan, 20(1), 50–59. https://doi.org/10.69866/dp.v20i1.550