STUDI ETNOMATEMATIKA: BENTUK BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG PADA MONUMEN SIMPANG LIMA GUMUL

Authors

  • Bryant Candra Wijaya Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Yunita Reza Amanda Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Hana Laily Rahmatul Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Samijo Samijo Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Jatmiko Jatmiko Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v20i1.558

Abstract

Studi etnomatematika mengenai bentuk bangun datar dan bangun ruang dari bangunan monumen simpang lima gumul masih sedikit yang mengkaji hal tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tentang bentuk bangun datar dan bentuk bangun ruang apakah yang ada pada Monumen Simpang Lima Gumul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif eksploratif. Hasil penelitian didapatkan bahwa Monumen Simpang Lima Gumul memiliki bentuk bangun datar berupa persegi Panjang. Sementara itu, dalam aspek bangun ruang, monumen ini juga mengandung elemen bangun kubus. Kesimpulan penelitian ini diketahui bahwa Monumen Simpang Lima Gumul memiliki bentuk bangun datar berupa persegi panjang yang mendominasi struktur arsitekturnya, dan dalam aspek bangun ruang, monumen ini juga mengandung elemen bangun kubus yang memberikan dimensi tambahan dan kompleksitas visual

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriono, R. (2021). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6370

Arina, D., Mujiwati, E. S., & Kurnia, I. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pebelajaran Volume Bangun Ruang Di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 168–175. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.615

Darwanto, D. (2019). Hard Skills Matematik Siswa. Eksponen, 9(1), 21–27. https://doi.org/10.47637/eksponen.v9i1.129

Darwis Abroriy. (2020). Etnomatematika dalam Perspektif Budaya Madura. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(3), 182–192. https://doi.org/10.35719/mass.v1i3.44

Fitriyah, A. T., & Syafi’i, M. (2022). Etnomatematika Pada Bale Lumbung Sasak. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.682

Habibah, K. (n.d.). ICON DAERAH KABUPATEN KEDIRI MONUMENT SIMPANG LIMA GUMUL (SLG) SEBAGAI POTENSI WISATA KABUPATEN KEDIRI.

Majid, A., Fitri, M. P., Amaliah, R., Pd, S., & Pd, M. (n.d.). STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD/MI.

Marzuki, H. Al, Cholifah, W. N., & Irawan, M. C. (2019). Perancangan Aplikasi Perhitungan Bangun Datar dan Bangun Ruang Berbasis Android. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 4(2), 213. https://doi.org/10.30998/string.v4i2.4870

Munfarida, E. L., & Anshori, M. (2024). Simbolisasi Kehidupan Masyarakat Kediri Berbasis Kearifan Lokal ( Studi Eksplorasi Nilai Simpang Lima Gumul ). 1(6), 447–456.

Pembelajaran, dan, Ayu Fatmasari, O., & Universitas Nusantara PGRI Kediri, J. (2024). Seminar Nasional Eksplorasi Etnomatematika pada Monumen Simpang Lima Gumul Kediri.

Primasatya, N., & Matematika, P. (2022). The 1 st International Seminar August 2022 The Changing Role of Knowledge and Living Sustainability in ASEAN Community The Changing Role of Knowledge and Living Sustainability in ASEAN Community The use of Multimedia of geometry Based on Van Hiele Thinking Theory: An Alternative to Improve Critical Thinking Skill of Elementary School Students.

Rasita Banoet, M., Sabon Dominikus, W., & Nenohai, J. M. H. (2022). Etnomatematika Dalam Aktivitas Berladang Masyarakat Di Kecamatan Tobu Dan Integrasinya Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 43–51.

Samijo & Yohanie, DD., Pengaruh model pembelajaran kontekstual …| 135. (2017).

Sari, I. P., Batubara, I. H., Hazidar, A. H., & Basri, M. (2022). Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran. Hello World Jurnal Ilmu Komputer, 1(4), 209–215. https://doi.org/10.56211/helloworld.v1i4.142

Sinthiya, I. A. P. A., & Sobri, M. R. (2015). Rancangan Aplikasi Sistem Cerdas Pembelajaran Ilmu Bangun Datar SD Negeri 01 Candiretno. Jurnal TAM ( Technology Acceptance Model ), 4, 19–25. https://ojs.stmikpringsewu.ac.id/index.php/JurnalTam/article/view/33

Sugilar, H., Rachmawati, T. K., & Nuraida, I. (2019). Integrasi interkoneksi matematika agama dan budaya. Jurnal Analisa, 5(2), 189–198. https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.6717

Sukirwan, Nindiasari, H., Warsito, & Saleh, H. (2023). Dialektika budaya dan matematika: Studi pada penelitian etnomatematika di Indonesia. Journal of Authentic Reseach on Mathematics Education, 5(2),177–190. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jarme/article/view/7155%0Ahttps://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jarme/article/download/7155/2992

Wulan, E. R., Inayah, A. M., Khusnah, L., & Rohmatin, U. (2022). Etnomatematika: Geometri Transformasi Dalam Konteks Monumen Simpang Lima Gumul Kediri. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 187–203. https://doi.org/10.26594/jmpm.v6i2.2509

Downloads

Published

2025-04-28

How to Cite

Wijaya, B. C., Amanda, Y. R., Rahmatul, H. L., Samijo, S., & Jatmiko, J. (2025). STUDI ETNOMATEMATIKA: BENTUK BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG PADA MONUMEN SIMPANG LIMA GUMUL. Dharma Pendidikan, 20(1), 14–20. https://doi.org/10.69866/dp.v20i1.558