EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA ORNAMEN CANDI TEGOWANGI DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI

Authors

  • Dike Septiarani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Jati widi Tinawa Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Jatmiko Jatmiko Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.69866/dp.v20i1.554

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami dan mendeskripsikan konsep matematika yang terkandung dalam ornamen budaya pada candi tegowangi yang berkaitan dengan konsep geometri seperti bangun datar persegi, persegi panjang, belah ketupat, dan segitiga sama kaki. Selain itu, untuk membantu siswa dalam pembelajaran konstektual berbasis budaya pada Candi Tegowangi dalam pembelajaran matematika sebagai alat bantu dalam materi geometri. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif eksploratif dengan desain etnografi. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Pengetahuan sejarah dan matematika dapat diimplementasikan dalam berbagai konteks pembelajaran untuk memberikan pemahaman yang bermakna pada siswa mengenai analisis sumber sejarah dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis serta menyelesaikan permasalahan matematika seperti menganalisis bentuk geometris yang mendasari pembentukan candi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, A. A. (2020). Etnomatematika; Eksplorasi Transformasi Geometri Pada Ragam Hias Cagar Budaya Khas Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 8(2), 131–138. https://doi.org/10.25139/smj.v8i2.3107

Darwis Abroriy. (2020). Etnomatematika dalam Perspektif Budaya Madura. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(3), 182–192. https://doi.org/10.35719/mass.v1i3.44

Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika : Aplikasi Bangun Datar. Aksioma, 8(2), 99–110.

Jayanti, T. D., & Puspasari, R. (2020). Eksplorasi etnomatematika pada Candi Sanggrahan Tulungagung. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 6(2), 53. https://doi.org/10.29100/jp2m.v6i2.1748

Karunia, A. D., & Setianingsih, R. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Arsitektur Kuno Di Kediri. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(2), 71–83. https://doi.org/10.26740/jppms.v5n2.p71-83

Krismonita, M. D., Sunardi, S., & Yudianto, E. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Candi Agung Gumuk Kancil Banyuwangi sebagai Lembar Kerja Siswa. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(2), 149. https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i2.24327

Larasati, A. (2024). Eksplorasi Etnomatematika pada Candi Surowono di Kabupaten Kediri. 263–268.

Mardhotillah, I., & Yazidah, N. I. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Pada Proses. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 239–245. http://fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/snpm/article/download/850/399

Nova, I. S., & Putra, A. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Cerita Rakyat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 67–76. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1085

Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11405

Puspitasari, R., & Putra, A. (2022). Systematic Literatur Riview : Eksplorasi Etnomatematika pda Bangunan Candi. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 4(1), 13–18. https://doi.org/10.55719/jrpm.v4i1.367

Soebagyo, J., Andriono, R., Razfy, M., & Arjun, M. (2021). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Abstrak. 4(2).

Supriadi, - -, Arisetyawan, A., & Tiurlina, - -. (2016). Mengintegrasikan Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Banten Pada Pendirian Sd Laboratorium Upi Kampus Serang. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2510

Utami, R. N. F., Muhtadi, D., Ratnaningsih, N., Sukirwan, S., & Hamid, H. (2020). Etnomatematika: Eksplorasi Candi Borobudur. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 6(1), 13–26. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i1.1438

Wulan, E. R., Inayah, A. M., Khusnah, L., & Rohmatin, U. (2022). Etnomatematika: Geometri Transformasi Dalam Konteks Monumen Simpang Lima Gumul Kediri. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 187–203. https://doi.org/10.26594/jmpm.v6i2.2509

Downloads

Published

2025-04-28

How to Cite

Septiarani, D., Tinawa, J. widi, & Jatmiko, J. (2025). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA ORNAMEN CANDI TEGOWANGI DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI. Dharma Pendidikan, 20(1), 40–49. https://doi.org/10.69866/dp.v20i1.554