EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA ORNAMEN CANDI TEGOWANGI DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v20i1.554Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami dan mendeskripsikan konsep matematika yang terkandung dalam ornamen budaya pada candi tegowangi yang berkaitan dengan konsep geometri seperti bangun datar persegi, persegi panjang, belah ketupat, dan segitiga sama kaki. Selain itu, untuk membantu siswa dalam pembelajaran konstektual berbasis budaya pada Candi Tegowangi dalam pembelajaran matematika sebagai alat bantu dalam materi geometri. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif eksploratif dengan desain etnografi. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Pengetahuan sejarah dan matematika dapat diimplementasikan dalam berbagai konteks pembelajaran untuk memberikan pemahaman yang bermakna pada siswa mengenai analisis sumber sejarah dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis serta menyelesaikan permasalahan matematika seperti menganalisis bentuk geometris yang mendasari pembentukan candi.
Downloads
References
Abdullah, A. A. (2020). Etnomatematika; Eksplorasi Transformasi Geometri Pada Ragam Hias Cagar Budaya Khas Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 8(2), 131–138. https://doi.org/10.25139/smj.v8i2.3107
Darwis Abroriy. (2020). Etnomatematika dalam Perspektif Budaya Madura. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(3), 182–192. https://doi.org/10.35719/mass.v1i3.44
Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika : Aplikasi Bangun Datar. Aksioma, 8(2), 99–110.
Jayanti, T. D., & Puspasari, R. (2020). Eksplorasi etnomatematika pada Candi Sanggrahan Tulungagung. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 6(2), 53. https://doi.org/10.29100/jp2m.v6i2.1748
Karunia, A. D., & Setianingsih, R. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Arsitektur Kuno Di Kediri. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(2), 71–83. https://doi.org/10.26740/jppms.v5n2.p71-83
Krismonita, M. D., Sunardi, S., & Yudianto, E. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Candi Agung Gumuk Kancil Banyuwangi sebagai Lembar Kerja Siswa. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(2), 149. https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i2.24327
Larasati, A. (2024). Eksplorasi Etnomatematika pada Candi Surowono di Kabupaten Kediri. 263–268.
Mardhotillah, I., & Yazidah, N. I. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Pada Proses. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 239–245. http://fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/snpm/article/download/850/399
Nova, I. S., & Putra, A. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Cerita Rakyat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 67–76. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1085
Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11405
Puspitasari, R., & Putra, A. (2022). Systematic Literatur Riview : Eksplorasi Etnomatematika pda Bangunan Candi. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 4(1), 13–18. https://doi.org/10.55719/jrpm.v4i1.367
Soebagyo, J., Andriono, R., Razfy, M., & Arjun, M. (2021). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Abstrak. 4(2).
Supriadi, - -, Arisetyawan, A., & Tiurlina, - -. (2016). Mengintegrasikan Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Banten Pada Pendirian Sd Laboratorium Upi Kampus Serang. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2510
Utami, R. N. F., Muhtadi, D., Ratnaningsih, N., Sukirwan, S., & Hamid, H. (2020). Etnomatematika: Eksplorasi Candi Borobudur. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 6(1), 13–26. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i1.1438
Wulan, E. R., Inayah, A. M., Khusnah, L., & Rohmatin, U. (2022). Etnomatematika: Geometri Transformasi Dalam Konteks Monumen Simpang Lima Gumul Kediri. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 187–203. https://doi.org/10.26594/jmpm.v6i2.2509
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dike Septiarani, Jati widi Tinawa, Jatmiko Jatmiko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0