MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN HAPPY NOTES
DOI:
https://doi.org/10.69866/dp.v20i1.560Abstract
Proses pembelajaran dengan metode konvensional menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar peserta didik. Metode ceramah yang digunakan cenderung kurang melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga pemahaman konsep dan daya serap materi menjadi terbatas. Akibatnya, hasil belajar yang diperoleh tidak optimal dan belum mencapai standar yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berbantuan media pembelajaran Happy Notes dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pojok 1 dengan subjek kelas V yang berjumlah 26 anak. Metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Tanggart. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I, tingkat ketuntasan hasil belajar mencapai 73,07%, sedangkan pada siklus II meningkat hingga 96,15%. Kesimpulannya, penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berbantuan media pembelajaran Happy Notes terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Downloads
References
Artama, S., Djollong, A. F., Ismail, Lubis, L. H., Kalbi, Yulianti, R., Mukarramah, Mardin, H., Ibrahim, M. B., Fatih, T. A., Holifah, L., & Diana, P. Z. (2023). Evaluasi hasil belajar.
Aulia Sari, L., Khasanah, U., Sulistyaningsih, W., Ahmad Dahlan, U., & Muhammadiyah Kleco, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle di Kelas I Amanah SD Muhammadiyah Kleco 2 Tahun Ajaran 2022/2023. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2).
Cahyanti, W., Damayanti, A. T., Wigati, T., & Suyoto, S. (2024). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas V. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 223–229. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.467
Kirana, D., Primadani, D. A. L., Widodo, S. T., Wahyuni, N. I., & Kondang, E. V. (2024). PENERAPAN MODEL PBL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN DI SD PANCASILA Universitas Negeri Semarang , 5 SD Pancasila. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 11(2), 98–106.
Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335
Muna, Z., Nursyahidah, F., Subekti, E. E., & Maflakhah, M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle Kelas I SD Negeri Muktiharjo Kidul 03 Semarang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), h. 3426.
Nugroho, F. N., Nurtjahyani, S. D., & Lestari, R. S. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Media Happy Notes SiswaKelas 1 UPT SD Negeri Kebonsari Tuban. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(I), 294–302.
Nurbiyati, A., Putera Permana, E., Studi Pendidikan Profesi Guru, P., Nusantara PGRI Kediri, U., Negeri, S., & Trenggalek, K. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Wordwall untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Keragaman Budaya Indonesia. Jurnal Simki Postgraduate, 3(1), 15–26. https://jiped.org/index.php/JSPG
Pratama, V., Yayuk, E., & Arima, N. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Pada Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas IV SDN Canggu 2 Melalui Media Peta Keberagaman Bangsaku. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).
Putri, S., Rosyida, N., & Mulyantoro, P. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Pancasila Keragaman Budaya Indonesia Melalui Model PJBL Siswa Kelas V SDN Kaliajir. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 3.
Rahmandani, F., Hamzah, M. R., Handayani, T., & Fatimah, S. (2024). Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Peningkatan Keaktifan dan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di SMAN 2 Batu. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 1016–1027. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i3.674
Rizqina, Z. K., Rahayu, S., & A’yun, N. Q. (2024). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Media Happy Notes Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Pendidikan Pancasila Materi Gotong Royong Pada Siswa Kelas V SDN Mulyorejo 3 Kota Malang. Seminar Nasional PPG UNIKAMA, 1(2). https://conference.unikama.ac.id/artikel/
Rodenayana, E., Worowirastri Ekowati, D., & Pudji Astutik, P. (2023). Meningkatkan Prestasi Pendidikan Pancasila Melalui Media Microsite Dengan Penerapan Model Pembelajaran. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 703–711. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7622
Wahyuningsih, N. T., Syawaluddin, A., & Dahlan, M. (2021). Penggunaan Media Konkret Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pinisi Journal PGSD, 1(3), 809–820.
Widyasari, D., Miyono, N., & Saputro, S. A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 61–67. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.368
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Meysita Nur Ifani, Jatmiko Jatmiko, Dwi Puji Lestari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0